Pages

Monday, March 17, 2014

Petualangan Menuju Bluefire Kawah Ijen

Gunung Ijen merupakan salah satu dari sekian banyak tujuan wisata di Jawa Timur selain Gunung Bromo. Dibandingkan Gunung Bromo, memang Gunung Ijen lebih kurang dikenal. Namun, keindahan Gunung Ijen bukanlah sesuatu yang dapat dianggap remeh dan seharusnya mendapatkan lebih banyak perhatian dari penikmat wisata gunung.

Puncak Gunung Ijen

Gunung Ijen terletak lebih dekat ke Bali daripada ke Surabaya, ibukota Jawa Timur. Gunung Ijen tertelak di Kabupaten Banyuwangi dan sekitar satu jam dari Kota Banyuwangi. Jika Anda sedang berada di Bali, Anda dapat dapat dengan mudah mencari tour yang menawarkan perjalanan ke Gunung Ijen.

Sulfur Dingin yang Dipahat

Gunung Ijen dapat dituju dengan 1 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi menuju Paltuding dengan menggunakan mobil biasa. Paltuding, yang merupakan kaki Gunung Ijen, adalah awal dari pendakian menuju puncak Gunung Ijen. Anda juga dapat mencapai Paltuding dari kota lain yaitu Bondowoso, jika Anda dapang dari arah Surabaya. Namun, konon jalan dari Bondowoso ke Paltuding lebih buruk kondisinya.


di Atas Awan

Ketika Anda sampai di Paltuding, Anda biasanya akan bertemu penduduk lokal yang kebanyakan penambang sulfur yang akan menawarkan jasa guide menuju puncak gunung. Biasanya jasa mereka berkisar di harga Rp 100.000 - Rp 300.000. Namun, Anda juga bisa memilih untuk mendaki gunung sendiri tanpa guide.

Penambang Sulfur Sedang Menimbang Hasil Penambangannya

Jalan pendakian cukup bagus kondisinya, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan diri Anda. Jalanannya cukup lebar sekitar 4 meter sepanjang jalur pendakian.

Bluefire di Kawah Ijen

Hal yang paling spesial di Gunung Ijen adalah adanya fenomena bluefire (api biru) di dalam kawah gunung. Bluefire ini merupakan salah satu dari hanya dua tempat di dunia dimana Anda dapat menyaksikan fenomena ini. Namun untuk dapat melihat kemegahan fenomena ini, Anda harus sudah berada di dalam kawah gunung Ijen sekitar jam 2-4 pagi karena hanya pada waktu itulah fenomena bluefire terjadi. Jadi, Anda harus memulai perjalanan pendakian Anda sekitar jam 12 malam dan mencapai puncak gunung sekitar jam 2 pagi, lalu masuk ke dalam kawah selama sekitar setengah jam sampai 45 menit dikarenakan jalan yang cukup terjal dan agak berbahaya jika tidak hati-hati.

Bluefire di Gunung Ijen ini adalah salah satu fenomena yang tidak ingin Anda lewatkan dan fenomena ini bisa jadi salah satu hal yang harus Anda lihat before you die.

No comments: