Pages

Saturday, January 25, 2014

Pesona Alam Bawah Laut Pulau Menjangan

Pesona Indonesia memang tidak pernah ada matinya, apalagi pesona alam bawah lautnya. Luas laut di Indonesia yang jauh melebihi luas daratannya membuat negara Indonesia unik dan kaya akan keanekaragaman lautnya. Ada banyak sekali pulau-pulau kecil nan indah yang tersebar di seantero nusantara. Salah satunya adalah Pulau Menjangan.

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Bali bagian barat, dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk. Untuk menuju ke sana, Anda bisa mengendarai mobil atau menggunakan angkutan umum seperti bus atau bemo yang cukup sering beroperasai dari Singaraja menuju Pelabuhan Gilimanuk ataupun sebaliknya. Dari Gilimanuk, perjalanan dapat ditempuh hanya sekitar 15 menit, sedangkan dari Singaraja, perjalanan dapat memakan waktu sekitar 90 menit sampai 2 jam.

Untuk menyeberang ke Pulau Menjangan, cara termudah dan mungkin terbaik adalah dari Labuhan Lalang. Anda dapat bertanya kepada penduduk lokal ataupun supir bemo dan bus bahwa Anda ingin pergi ke Pulau Menjangan, dan Anda akan langsung dibawa menuju Labuhan Lalang. Di Labuhan Lalang, Anda dapat bertanya kepada petugas yang menjaga dermaga dan mengatur penyewaan perahu, alat-alat snorkeling atau diving, dan juga tour guide.


Waktu yang terbaik untuk pergi menyeberang ke Pulau Menjangan adalah di pagi hari. Jika bisa, sampailah di Labuhan Lalang di pagi hari yang dimana kemungkinan banyak orang lain juga akan datang ke sana dan ingin menyeberang. Nah, pada saat inilah Anda dapat menghemat kantong Anda dengan mengajak group lain untuk menyewa perahu bersama-sama.

Pesona alam bawah laut di Pulau Menjangan masih relatif sehat dimana masih banyak terumbu karang yang kondisinya masih sangat bagus dan tidak rusak. Berbagai snorkeling dan diving spot juga menawarkan berbagai pengalaman yang berbeda dimana Anda bisa menyaksikan secara langsung keanekaragaman bentuk dan warna terumbu karang ataupun ikan-ikan yang ada di sekitar Pulau Menjangan. Sulit dipungkiri bahwa keindahan alam bawah laut di Pulau Menjangan merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia.




Memang Bali bagian barat bukanlah bagian dari Bali yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, namun Bali bagian barat khususnya Pulau Menjangan memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan dan berhak untuk mendapat sorotan yang lebih luas di mata dunia pariwisata Indonesia. Jika Anda menginginkan liburan di Bali yang memberikan Anda ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk Bali bagian Selatan, di sinilah tempatnya. Anda dapat bersantai maupun berolahraga air dengan nyaman dan puas.

Semoga kita dapat mempertahankan kealamian dan keindahan alam bawah laut Indonesia yang luar biasa ini. Jangan sampai Anda ketinggalan dan tidak melihat secara langsung kekayaan yang Indonesia miliki di Pulau Menjangan ini.

Ditulis Oleh:
Ferry Wijaya

1 comment:

FW POV PROPERTY & TRAVEL said...

one of Indonesia's national treasures.....